Search

Sinergisitas Rutan Pelaihari & Polres Tanah Laut dalam Agenda Pembinaan Polisi Khusus

Sinergisitas Rutan Pelaihari & Polres Tanah Laut dalam Agenda Pembinaan Polisi Khusus

Pelaihari,INFO_PAS, Petugas Rutan Klas IIB Pelaihari melaksanakan apel pagi bersama dengan Satuan Binmas Polres Tanah Laut, Kamis (27/07/2023).

Bertempat di lapangan upacara Rutan Pelaihari. Petugas Rutan Pelaihari laksanakan apel bersama dengan Sat Binmas Poles Tala dan bertindak sebagai pembina apel, Plh. Kepala Rutan Pelaihari, Agus Sarwoko di dampingi Kasat Binmas Polres Tanah laut yang diwakili oleh IPDA Nopri. Apel kegiatan Binpolsus ini diikuti oleh pejabat struktural, petugas staf dan Regu Pengamanan. 

Agus Sarwoko menyampaikan kedatangan Sat Binmas Polres Tala merupakan wujud sinergisitas antara Rutan Pelaihari dengan Polres Tanah Laut dalam agenda Pembinaan Polisi Khusus (Binpolsus) oleh Sat Binmas kepada petugas Rutan Pelaihari.

“Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Tanah Laut melaksanakan koordinasi pembinaan di Rutan Klas IIB Pelaihari. Sesuai pesan Dirjenpas dalam Tiga Kunci Pemasyaratan Maju salah satunya yaitu menjalin sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum. Oleh karena itu kami sangat berterimakasih kepada Sat Binmas Polres Tala atas kedatangannya dalam kegiatan Binpolsus yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas anggota Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) Rutan Pelaihari”, ujar Agus dalam amanatnya.

Sementara Sat Binmas Polres Tala mengungkapkan bahwa tujuan utama kedatangan mereka ialah untuk menjalin silaturahmi dan mempererat sinergisitas dengan Rutan Pelaihari dan pada kesempatan ini  Kasat Binmas menyampaikan tentang pentingnya menjaga keamanan di lingkungan Rutan dan meningkatkan koordinasi antara petugas Rutan dengan aparat Kepolisian khususnya Polres Tanah Laut serta peningkatan pengawasan terhadap para warga binaan maupun tamu para Warga Binaan Pemasyarakatan guna mencegah gangguan Kamtibmas di Rutan Pelaihari.

“Kedatangan kami bukan semata-mata hanya untuk memberikan pembinaan tetapi yang paling utama adalah untuk bersilaturahmi dan menjalin keakraban dengan rekan-rekan petugas Rutan Pelaihari dan tidak ada maksud untuk menggurui”, ungkap IPDA Nopri.

Usai melaksanakan apel, IPDA Nopri menyerahkan borgol kepada Plh. Kepala Rutan untuk inventaris sarana pengamanan di Rutan Pelaihari. Setelah itu Sat Binmas memberikan pelatihan kepada anggota Polsuspas Rutan Pelaihari mengenai Bela Diri Polri. Anggota Satbimas Polres Tala Briptu Kamalul mengajarkan Teknik Membawa Tahanan tanpa menggunakan alat. 

“Teknik ini penting dan wajib dikuasai bagi anggota Polsuspas karena sewaktu-waktu teknik ini pasti diperlukan dalam melakukan pengamanan terhadap warga binaan”, ujar Briptu Kamalul.

IPDA Nopri juga mengatakan, ia bersama rekan Binmas Polres Tanah Laut melaksanakan  kegiatan Binpolsus dan menyelenggarakan pembinaan kepada Polsuspas Rutan Klas IIB Pelaihari, yang mana Polsuspas ini dibawah binaan Binmas Polres Tanah Laut. "Secara rutin kita dalam tiap bulannya melakukan pembinaan kepada Polsuspas, pembinaan yang dilakukan sudah berlangsung lama," ucapnya.

"Dilakukan pembinaan teknis ini sudah yang keberapa kalinya,ini agar terjalin sinergis pelaksanaan tugas Polri dan Polsuspas Rutan Pelaihari" papar Nopri.
Dalam melakukan pembinaan ini, tutur IPDA Nopri, mengacu pada Kamtibmas, karena hal tersebut ada hubungan erat dengan tugas kepolisian. "Selain melakukan pembinaan kepada Polsuspas, sekaligus melakukan silaturahmi," kata Nopri.

Kontributor : Humas Rutan Pelaihari

0 Komentar