Search

Jajaran Rupbasan Kupang Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Bersama Kanwil Kemenkumham NTT

NewsIndonesia - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, jajaran Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Kupang di bawah pimpinan Kepala Rupbasan, Sahid Andriyanto Arief, mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (01/06) yang digelar Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT) pukul 07.00 WITA bertempat di halaman Kantor Wilayah.

Di tahun 2024 ini, peringatan Hari Lahir Pancasila mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Hadir selaku Inspektur Upacara, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, Pimti Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas Kanwil NTT, dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis beserta segenap jajaran petugas se-Kota Kupang, termasuk di dalamnya ialah jajaran Rupbasan Kelas I Kupang.

Dalam sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, yang dibacakan Kakanwil, dijelaskan bahwa berkat kerja keras dan gotong royong, bangsa ini berhasil semakin dipercaya dan disegani masyarakat dunia.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Mari kita perjuangkan visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia Maju, naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju, adil sejahtera dan merata, serta berwibawa dalam percaturan pergaulan dunia,” ujar Marciana.

Usai membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Kakanwil kembali mengingatkan kepada jajarannya.

"Saya kembali mengingatkan kepada seluruh Kepala UPT dan jajarannya, baik Pemasyarakatan maupun Imigrasi. Saya minta untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik, tanpa pamrih, bekerja jujur dan berintegritas," ungkapnya.

Setelah melaksanakan Upacara Bendera, kegiatan diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta Upacara.

- Rupbasan Kupang 

0 Komentar